Anggaran Biaya Overhead Pabrik

Biaya Bahan Baku dan Biaya Tenaga Kerja Langsung terjadi untuk membiayai produksi, artinya bila perusahaan tidak melakukan kegiatan produksi, maka biaya tersebut tidak terjadi. besar kecilnya biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung termasuk unsur dari biaya variabel.
Biaya Overhead Pabrik adalah biaya pabrik selain biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung. Biaya Pabrik adalah biaya yang terjadi di dalam pabrik pada periode ini.
Dalam biaya overhead pabrik terdapat biaya variabel dan biaya tetap. Biaya overhead pabrik variabel adalah biaya overhead pabrik yang besar kecilnya di pengaruhi oleh volume produksi. sedangkan biaya overhead pabrik tetap adalah biaya overhead yang besar kecilnya tidak dipengaruhi oleh tingkat volume produksi perusahaan.
Departemen yang terkait langsung dengan Overhead Pabrik adalah Departemen Produksi dan Departemen Pembantu. Departemen Produksi adalah bagian yang bekerja mengolah bahan baku menjadi produk jadi. dengan kata lain Departemen Produksi sebagai bagian yang secara langsung memproses produk akhir. Departemen Pembantu ( Departemen Jasa ) adalah bagian yang menyediakan jasanya dan secara tidak langsung ikut berperan dalam proses produksi.
Tujuan pengawasan Biaya Overhead Pabrik adalah :
- Untuk mengetahui sesuai tidaknya realisasi dengan yang di rencanakan.
- Untuk mengetahui besar kecilnya biaya overhead.
- Untuk menentukan bagian – bagian yang bertanggung jawab.
Kapasitas yang dapat dipakai sebagai dasar penyusunan anggaran biaya overhead pabrik antara lain adalah :
* Kapasitas Praktis.
Adalah Kapasitas toritis ( yakni kapasitas pabrik untuk mengahsilkan produk pada kecepatan penuh, tanpa berhenti selama jangka waktu tertentu ) dikurangi dengan kerugian waktu yang tidak dapat dihindari karena hambatan intern perusahaan.
* Kapasitas Normal.
Adalah Kemampuan perusahaan berproduksi dan menual produknya dalam jangka panjang.
* Kapasitas Sesungguhnya yang di harapkan.
Adalah kapasitas sesungguhnya yang di perkirakan akan dapat di capai dalam periode yang akan datang.
Distribusi Biaya Overhead Pabrik adalah Pembagian biaya overhead pabrik tak langsung departemen kepada departemen – departemen yang menikmatinya.
Alokasi biaya overhead pabrik adalah pembagian biaya overhead pabrik departemen pembantu ke departemen produksi, atau dari departemen pembantu ke departemen pembantu yang lain dan departemen produksi.

0 Response to "Anggaran Biaya Overhead Pabrik"

Posting Komentar